U2FsdGVkX1+25AyyCo8UPsLK1A8YBpiAtAtE4voJoZU6v2phc92s7B5BeG4irtrTwvQijqbnotwWq2TT6FmYzQ==
Assalammu'alaikum Wr. Wb.
Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang hardware tambahan untuk laptop. Kali ini, membahas tentang apakah laptop yang semula hanya single storage, bisa menjadi dual storage ?. Jawabannya tentu saja bisa. akan tetapi harus memenuhi beberapa persyaratan, salah satunya memiliki slot untuk penyimpanan itu sendiri.

Pada umumnya laptop memiliki storage bawaan seperti ssd, ataupun hdd. Dengan kapasitas yang bervariasi. Sehingga terkadang seorang pengguna akan merasa kurang dengan kapasitas yang dimilikinya. Lalu terlintas dihatinya untuk menambah kapasitas storage pada laptop yang digunakannya.
Baca Juga: Adapter Converter Sodimm To Longdimm, Apakah perlu ?
Namun di lain situasi, pengguna tersebut menemukan masalah, yaitu ketika tidak adanya slot tambahan untuk menambah storage pada laptop yang dimilikinya. Sehingga pupus sudah harapannya untuk storage pada laptopnya miliknya. Tapi tunggu dulu, pengguna dapat melihat kembali apakah ada slot dvd pada laptop miliknya ?. Jika memiliki slot dvd, pengguna bisa saja menambahkan storage untuk laptop miliknya.
Dengan menggunakan sebuah alat bernama disk caddy. Alat ini memiliki fungsi sebagai penambah storage pada laptop terutama yang memiliki slot dvd, untuk digantikan olehnya sehingga sebuah laptop bisa memiliki fungsi dual storage. Baik berupa ssd dan ssd, ssd dan hdd, ataupun hdd dan hdd.
Tapi saran saya sebagai penulis ssd dan hdd. Karena untuk mencapai balance.  Namun wajib diketahui untuk ukuran ssd dan hdd sendiri harus berukuran 2,5inch. Apakah ssd dan hdd dengan ukuran  3,5inch tidak bisa ? sejauh ini belum ada untuk ukuran 3,5inch untuk laptop.

Disk caddy sendiri terbagi menjadi beberapa jenis :

1.Disk caddy ukuran 5mm
Disk caddy dengan ukuran 5mm diperuntukkan untuk sebuah laptop yang memiliki ukuran slot dvd yang berukuran 5mm.

2.Disk caddy ukuran 7mm
Disk caddy dengan ukuran 7mm diperuntukkan untuk sebuah laptop yang memiliki ukuran slot dvd yang berukuran 7mm.

3. Disk caddy ukuran 9.5mm
Disk caddy dengan ukuran 9.5mm diperuntukkan untuk sebuah laptop yang memiliki ukuran slot dvd yang berukuran 9.5mm.

4. Disk caddy ukuran 12.7mm
Disk caddy dengan ukuran 12.7mm diperuntukkan untuk sebuah laptop yang memiliki ukuran slot dvd yang berukuran 12.7mm.

Untuk mengetahui slot dvd manakah yang sesuai dengan laptop anda, bisa melakukan pencarian digoogle dengan keyword "Ukuran slot dvd Laptop *merk *tipe". Untuk pembelian disk caddy sendiri, bisa dilakukan di toko-toko komputer yang ada dikota anda, maupun dimarketplace seperti tokopedia,bukalapak, shopee, lazada, dan sejenisnya.

Mungkin sekian artikel dari saya, untuk pertanyaan lebih lanjut bisa ditanyakan dikolom komentar. Semoga bermaanfaat. Mohon maaf bila ada salah kata dan perbuatan dalam penulisan artikel ini. sekian dari saya. terimakasih banyak.

Wassalammu'alaikum Wr. Wb.
Hai ?, apa kabar ?, pastinya baik. Bagaimana pun keadaan jawablah baik. Karena ucapan adalah do'a. Selamat berselancar di dunia maya. Jangan lupa cari hal-hal yang positif. Seperti membaca artikel disini. Terimakasih. Happy Literasi.
Loading...