Penelitian Hadits : Tentang Mengkhatamkan Al-Quran.
Disini saya akan mengajak para pembaca untuk meneliti sebuah hadith dengan menggunakan beberapa aplikasi. Pada penelitian ini kita akan mencari tahu tentang skema perawi, keshahihannya, dan sanadnya. Apakah sanad hadith ini juga mencapai Rasulullah? Mari kita teliti bersama
1.
Proses Pengerjaan dengan Aplikasi
Menggunakan
hadith soft
Langkah pertama, saya membuka aplikasi hadits soft.
Kemudian
saya memasukkan lafadz hadits اقْرَإِ الْقُرْآنَ فِي
شَهْرٍ di
pencarian lalu muncul di dua kitab yaitu di Shahih Bukhari dengan 1 hadith dan
di Musnand Ahmad 2 hadith.
a.
Skema
Perawi
b.
Deskripsi
Para Perawi
Abdullah bin ‘Amru bin Al
‘Ash bin Wa’il memiliki kunyah Abu Muhammmad dan nasab As Sahmiy Al Quraisy
beliau lahir di Maru dan wafat di Tha’if (63 H). Beliau merupakan golongan sahabat Rasulullah
sehingga tidak diragukan lagi keadilannya. Imam Bukhari banyak meriwayatkan
hadith darinya yaitu 71 hadith.
Abdullah bin ‘Abdur Rahman
bin ‘Auf memiliki kunyah Abu Salamah dan nasab Az Zuhriy beliau lahir di
Madinah dan wafat di Madinah (94 H). Beliau merupakan golongan tabi’in kalangan
pertengahan dan komentar ulama terhadap beliau yaitu tsiqah (adil dan kuat
hafalannya). Imam Bukhari meriwayatkan hadith dari beliau yaitu 286 hadith.
Muhamad bin ‘Abdur Rahman bin Tsauban memiliki kunyah Abu ‘Abdullah
dan nasab Al Qurasyiy Al ‘Amiriy beliau lahir di Madinah. Beliau merupakan
Tabi’ut Tabi’in kalangan tua. Beliau merupakan golongan tabi’in kalangantua dan
komentar ulama terhadap beliau yaitu tsiqah (adil dan kuat hafalannya). Imam
Bukhari meriwayatkan hadith dari beliau yaitu 5
hadith.
Yahya bin Abi Katsir Shalih bin Al
Mutawakkil memiliki kunyah Abu Nashr dan nasab Ath Tha’iy Al Bashriy
beliau lahir di Yamamah dan wafat pada tahun 132 H. Beliau merupakanTabi’in
kalangan biasa dan komentar ulama terhadap beliau yaitu tsiqah
(adil dan kuat hafalannya). Imam Bukhari meriwayatkan hadith dari beliau yaitu
136 hadith.
Syaiban bin ‘Abdur Rahman memiliki kunyah Abu Muawiyah dan nasab Al
Bashriy beliau lahir di Kufah dan wafat
di Baghdad pada tahun 164 H. Beliau merupakan Tabi’ut Tabi’in kalangan tua
dan komentar ulama terhadap beliau yaitu
tsiqah (adil dan kuat hafalannya). Imam Bukhari meriwayatkan hadith dari beliau
yaitu 60 hadith.
Ubaidillah bin Musa bin Abi Al Mukhtar Badzam kunyah Abu Muhamad dan nasab Al ‘Abasy beliau lahir dan wafat di Kufah beliau wafat pada tahun 213 H. Beliau merupakan Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa dan komentar ulama terhadap beliau yaitu tsiqah (adil dan kuat hafalannya). Imam Bukhari meriwayatkan hadith dari beliau yaitu 52 hadis.
Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad memiliki kunyah Abu Ya’qub dan nasab Al Hanzhaliy Al Marwaziy beliau lahir di Himsh dan wafat di Nihawand pada tahun 238 H. Beliau merupakan Tabi’ut Atba kalangan tua dan komentar ulama terhadap beliau yaitu tsiqah (adil dan kuat hafalannya),imam, tsiqah hafidz mujtahid. Imam Bukhari meriwayatkan hadith dari beliau yaitu 103 hadith .
a.
Skema
Perawi
b.
Deskripsi
Para Perawi
Pada perawi pertama sama seperti yang diatas, maka dari itu saya
langsung deskripsikan perawi selanjutnya yaitu As Saii’ib bin Malik beliau memiliki
kunyah Abu Yahya beliau hidup di Kufah dan berasal dari Tabi’in Kalangan Tua.
Komentar ulama’ terhadap beliau adalah tsiqah. Imam Ahmad meriwayatkan dari
beliau 32 hadith.
Atha’ bin As Sa’ib bin Malik beliau memiliki kunyah Abu As Sa’ib
dan nasab Ats Tsaqafiy hidup di Kufah dan wafat pada tahun 136 H berasal dari
Tabi’in Kalangan biasa. Komentar ulama’ terhadap beliau yaitu shaduq. Imam
Ahmad meriwayatkan dari beliau 190 hadith.
Ismail
bin Ibrahim bin Muqsim memiliki kunyah Abu Bisyir dan nasab Al Asadiy. Beliau
lahir di Basrah dan wafat di Baghdad ada tahun 193 H beliau berasal dari
kalangan Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan. Komentar ulama’ terhadap beliau
yaitu tsiqah, sayyidul muhaditsin. Imam Ahmad meriwayatkan hadith dari beliau
sebanyak 615 hadith.
Hadith Ketiga dengan Redaksi dan Makna hampir Serupa sebagai Referensi termaktub dalam Kitab Musnad Ahmad no. 6548
b. Deskripsi Para Perawi
Pada perawi pertama sama dengan pada
hadith 1 dan 2 saya akan menjelaskan perawi-perawi berikutnya yaitu As Saa’ib
bin Farrukh beliau memiliki kunyah Abu Al Abbas hidup di negeri Marur Rawdz
berasal dari kalangan Tabi’in kalangan pertengahan. Adapun komentar ulama’
terhadap beliau yaitu tsiqah.Imam Ahmad meriwayatkan hadith dari beliau
sebanyak 15 hadith.
Amru bin Dinar Al Atsram memiliki
kunyah Abu Muhammad dan nasab Al Jumahiy berasal dari kalangan tabi’in biasa
hidup di Marur Ruwadz dan wafat pada tahun 126 H. Komentar Ulama’ terhadap
beliau Tsiqah. Imam Ahmad meriwayatkan hadits dari beliau sebanyak 254 hadith.
Syu’bah bin Al Hajjaj memiliki
kunyah Abu Bistham dan nasab Al Azdiy Al Wasithiy berasal dari kalangan tabi’ut
tabiin kalangan tua hidup di kota Bashrah dan wafat pada tahun 160 H dikota
Bashrah. Komentar ulama’ terhadap beliau tsiqah. Imam Ahmad meriwayatkan hadith
dari beliau sebanyak 2681 hadith.
Muhammad bin Ja’far memiliki kunyah Abu Abdullah dan
nasab Al Huzdaliy berasal dari kalangan Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa beliau
hidup dikota Bashrah dan wafat pada tahun 193 H. Komentar ulama’ terhadap
beliau yaitu tsiqah. Imam Ahmad meriwayatkan hadith dari beliau sebanyak 1815
hadith.
Skema Gabungan Perawi
Menurut penganalisisan saya hadith yang termaktub pada shahih bukhari no. 4666 memiliki banyak periwayatan. Rangkaian sanad dalam hadith tersebut bersambung hingga ke rasulullah sehingga disebut hadith muttasil.Untuk kredibilitasnya atau kekuatan derajat hadith dalam ke dua kitab tersebut yaitu shahih.
Posting Komentar untuk "Penelitian Hadits : Tentang Mengkhatamkan Al-Quran."