Penelitian Hadits : Tentang Mengkhatamkan Al-Quran.

 Disini saya akan mengajak para pembaca untuk meneliti sebuah hadith dengan menggunakan beberapa aplikasi. Pada penelitian ini kita akan mencari tahu tentang skema perawi, keshahihannya, dan sanadnya. Apakah sanad hadith ini juga mencapai Rasulullah? Mari kita teliti bersama

1.      Proses Pengerjaan dengan Aplikasi

     Menggunakan hadith soft

Langkah pertama, saya membuka aplikasi hadits soft.




Kemudian saya memasukkan lafadz hadits اقْرَإِ الْقُرْآنَ فِي شَهْرٍ di pencarian lalu muncul di dua kitab yaitu di Shahih Bukhari dengan 1 hadith dan di Musnand Ahmad 2 hadith.

 


 

 Lalu saya mengambil ketiga hadith tersebut  untuk diteliti lebih dalam lagi. dengan hadith utamanya Shahih Bukhari no.4666



 Hadith Utama Objek Kajian Keshahihan termaktub dalam Kitab Shahih Bukhari no.4666


 

a.       Skema Perawi





b.      Deskripsi Para Perawi

Abdullah bin ‘Amru  bin Al ‘Ash bin Wa’il memiliki kunyah Abu Muhammmad dan nasab As Sahmiy Al Quraisy beliau lahir di Maru dan wafat di Tha’if (63 H). Beliau  merupakan golongan sahabat Rasulullah sehingga tidak diragukan lagi keadilannya. Imam Bukhari banyak meriwayatkan hadith darinya yaitu 71 hadith.

Abdullah bin ‘Abdur  Rahman bin ‘Auf memiliki kunyah Abu Salamah dan nasab Az Zuhriy beliau lahir di Madinah dan wafat di Madinah (94 H). Beliau merupakan golongan tabi’in kalangan pertengahan dan komentar ulama terhadap beliau yaitu tsiqah (adil dan kuat hafalannya). Imam Bukhari meriwayatkan hadith dari beliau yaitu 286 hadith.

Muhamad bin ‘Abdur Rahman bin Tsauban memiliki kunyah Abu ‘Abdullah dan nasab Al Qurasyiy Al ‘Amiriy beliau lahir di Madinah. Beliau merupakan Tabi’ut Tabi’in kalangan tua. Beliau merupakan golongan tabi’in kalangantua dan komentar ulama terhadap beliau yaitu tsiqah (adil dan kuat hafalannya). Imam Bukhari meriwayatkan hadith dari beliau yaitu 5  hadith.

Yahya bin Abi Katsir Shalih bin Al  Mutawakkil memiliki kunyah Abu Nashr dan nasab Ath Tha’iy Al Bashriy beliau lahir di Yamamah dan wafat pada tahun 132 H. Beliau merupakanTabi’in kalangan biasa  dan  komentar ulama terhadap beliau yaitu tsiqah (adil dan kuat hafalannya). Imam Bukhari meriwayatkan hadith dari beliau yaitu 136  hadith.

Syaiban bin ‘Abdur Rahman memiliki kunyah Abu Muawiyah dan nasab Al Bashriy beliau lahir di Kufah  dan wafat di Baghdad pada tahun 164 H. Beliau merupakan Tabi’ut Tabi’in kalangan tua dan  komentar ulama terhadap beliau yaitu tsiqah (adil dan kuat hafalannya). Imam Bukhari meriwayatkan hadith dari beliau yaitu 60 hadith.

Ubaidillah bin Musa bin Abi Al Mukhtar Badzam kunyah Abu Muhamad dan nasab Al ‘Abasy beliau lahir dan wafat di Kufah beliau wafat  pada tahun 213 H. Beliau merupakan Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa  dan  komentar ulama terhadap beliau yaitu tsiqah (adil dan kuat hafalannya). Imam Bukhari meriwayatkan hadith dari beliau yaitu 52  hadis.

Ishaq bin Ibrahim bin Makhlad memiliki kunyah Abu Ya’qub dan nasab Al Hanzhaliy Al Marwaziy beliau lahir di Himsh  dan wafat di Nihawand  pada tahun 238 H. Beliau merupakan Tabi’ut Atba kalangan tua dan  komentar ulama terhadap beliau yaitu tsiqah (adil dan kuat hafalannya),imam, tsiqah hafidz mujtahid. Imam Bukhari meriwayatkan hadith dari beliau yaitu 103 hadith .

 

Baca Juga : Berdamai Dengan COVID-19 Tapi Berselingkuh di Belakangnya


  Hadith Kedua dengan Redaksi dan Makna hampir Serupa sebagai Referensi termaktub dalam Kitab Musnad Ahmad no. 6217

a.       Skema Perawi

    
                                            



b.      Deskripsi Para Perawi

Pada perawi pertama sama seperti yang diatas, maka dari itu saya langsung deskripsikan perawi selanjutnya yaitu As Saii’ib bin Malik beliau memiliki kunyah Abu Yahya beliau hidup di Kufah dan berasal dari Tabi’in Kalangan Tua. Komentar ulama’ terhadap beliau adalah tsiqah. Imam Ahmad meriwayatkan dari beliau 32 hadith.

Atha’ bin As Sa’ib bin Malik beliau memiliki kunyah Abu As Sa’ib dan nasab Ats Tsaqafiy hidup di Kufah dan wafat pada tahun 136 H berasal dari Tabi’in Kalangan biasa. Komentar ulama’ terhadap beliau yaitu shaduq. Imam Ahmad meriwayatkan dari beliau 190 hadith.

Ismail bin Ibrahim bin Muqsim memiliki kunyah Abu Bisyir dan nasab Al Asadiy. Beliau lahir di Basrah dan wafat di Baghdad ada tahun 193 H beliau berasal dari kalangan Tabi’ut Tabi’in kalangan pertengahan. Komentar ulama’ terhadap beliau yaitu tsiqah, sayyidul muhaditsin. Imam Ahmad meriwayatkan hadith dari beliau sebanyak 615 hadith.

 

 Hadith Ketiga dengan Redaksi dan Makna hampir Serupa sebagai Referensi termaktub dalam Kitab Musnad Ahmad no. 6548

      Skema Perawi

    

    




b.            Deskripsi  Para Perawi

Pada perawi pertama sama dengan pada hadith 1 dan 2 saya akan menjelaskan perawi-perawi berikutnya yaitu As Saa’ib bin Farrukh beliau memiliki kunyah Abu Al Abbas hidup di negeri Marur Rawdz berasal dari kalangan Tabi’in kalangan pertengahan. Adapun komentar ulama’ terhadap beliau yaitu tsiqah.Imam Ahmad meriwayatkan hadith dari beliau sebanyak 15 hadith.

Amru bin Dinar Al Atsram memiliki kunyah Abu Muhammad dan nasab Al Jumahiy berasal dari kalangan tabi’in biasa hidup di Marur Ruwadz dan wafat pada tahun 126 H. Komentar Ulama’ terhadap beliau Tsiqah. Imam Ahmad meriwayatkan hadits dari beliau sebanyak 254 hadith.

Syu’bah bin Al Hajjaj memiliki kunyah Abu Bistham dan nasab Al Azdiy Al Wasithiy berasal dari kalangan tabi’ut tabiin kalangan tua hidup di kota Bashrah dan wafat pada tahun 160 H dikota Bashrah. Komentar ulama’ terhadap beliau tsiqah. Imam Ahmad meriwayatkan hadith dari beliau sebanyak 2681 hadith.

Muhammad  bin Ja’far memiliki kunyah Abu Abdullah dan nasab Al Huzdaliy berasal dari kalangan Tabi’ut Tabi’in kalangan biasa beliau hidup dikota Bashrah dan wafat pada tahun 193 H. Komentar ulama’ terhadap beliau yaitu tsiqah. Imam Ahmad meriwayatkan hadith dari beliau sebanyak 1815 hadith.

 


Skema Gabungan Perawi

 


 

 Menurut penganalisisan saya hadith yang termaktub pada shahih bukhari no. 4666 memiliki banyak periwayatan. Rangkaian sanad dalam hadith tersebut bersambung hingga ke rasulullah sehingga disebut hadith muttasil.Untuk kredibilitasnya atau kekuatan derajat hadith dalam ke dua kitab tersebut yaitu shahih.

 Dalam segi matan , hanya terdapat perbedaan kecil mengenai redaksi dan untuk makna yang dimaksud adalah serupa.  Hadith Bukhari no. 4666 dan Musnad Ahmad no. 6548 lebih banyak dibandingkan matan pada Musnad Ahmad no.6217

 


Zaa
Zaa Halo teman-teman!! Saya Laretza biasa dipanggil Eza. Gak suka baca apalagi nulis tapi cuma pengen damai aja ama keduanya. @laretza410

Posting Komentar untuk "Penelitian Hadits : Tentang Mengkhatamkan Al-Quran."