U2FsdGVkX1+25AyyCo8UPsLK1A8YBpiAtAtE4voJoZU6v2phc92s7B5BeG4irtrTwvQijqbnotwWq2TT6FmYzQ==
Udumbara flower

Bunga raflesia, anggrek, atau mawar hitam mungkin sudah tidak asing di telinga kita. Tapi, pernah dengar nggak bunga udumbara atau youtan polua? Asing bukan?  Bunga ini  memiliki banyak nama, di beberapa negara Asia bunga ini disebut bunga udonge. Bunga yang dalam bahasa Sanskerta berarti bunga dari surga ini sudah sangat langka dan hampir punah. Udumbara dikatakan bunga dari surga karena konon, bunga ini jarang tumbuh di bumi, membutuhkan waktu 3000 tahun untuk tumbuh. Bunga ini tidak dapat dilihat dengan mata telanjang, jika ingin melihatnya harus menggunakan lensa pembesar. Jika bunga-bunga yang lain menjadi ciri khas suatu negara, beda dengan bunga udumbara ini yang dapat hidup di berbagai daerah dan tidak ada satupun negara yang mengklaimnya untuk menjadi ciri khas suatu negara tersebut.
Spesies langka ini dapat tumbuh di mana saja, tidak hanya di tanah, tapi juga bisa di kayu, kaca ataupun tempat lainnya. Tidak memerlukan suhu tertentu untuk dapat bertumbuh dia bisa hidup di segala cuaca dan segala tempat.

Harum bunga ini melebihi dari parfum. Aromanya mampu menyebar dalam kurun waktu yang lama. Tak seperti bunga pada umumnya bunga udumbara atau youtan polua tidak memiliki penampilan yang menarik. Namun, jika sudah mencium aroma harum dari bunga ini maka ia memiliki keunikan sendiri. Apalagi konon katanya bunga ini dikaitkan juga dengan keberuntungan.
Di dalam mitologi Budha, bunga udumbara ini merupakan bunga pembawa keberkahan yang apabila seseorang menemukan bunga ini maka ia mendapatkan akan keberuntungan. Dalam legenda Budha kehadiran bunga ini dikaitkan dengan akan datangnya seorang Raja Suci Pemutar Roda sang Pelurus Dharma (hukum moral) di dunia atau juga disebutkan akan datangya seorang pemimpin yang adil.Tentang bungan  ini dapat kalian temukan dalam teks-teks seperti Buddhisme Mahayana’s Sutra Lotus dan Theravada’s Sutra.Youtan polua pertama kali ditemukan oleh seorang petani bernama Ding di Provinsi Liaoning timur laut China pada tahun 2007. Saat itu ia mendapatkan 38 udumbara di beberapa pipa logam yang ada di kebunnya.

Selain di China bunga youtan polua juga ditemukan di Teipei Chen Guodong yang pada saat itu mekar di sebuah batang pohon yang berada di halaman rumah warga. Masyarakat pun sangat antusias ketika melihatnya. Penemuan lain terjadi pada tahun 2010. Seorang biarawati bernama Miao Wei yang tinggal di Gunung Lushan, China menemukan bunga beraroma harum di bawah mesin cucinya. Awalnya ia kira itu telur serangga, namun pada keesokan harinya bunga tersebut mekar dengan indah dan aroma harumnya memenuhi ruangan.

Tidak hanya di luar negeri, bunga keberuntungan ini juga pernah di temukan di Indonesia tepatnya di daerah Bali pada tahun 2016 lalu. Kadek Suardana yang menemukan bunga tersebut di gagang pintu dan ranting pohon jeruk miliknya seketika pada waktu membuat heboh para warga sekitar. Kadek Suardana yang percaya akan keberuntungan menyimpan youtan polua selama bertahun-tahun.
Menurut Suardana sejak ia menyimpan youtan polua ekonomi di keluarganya mulai membaik. Sayangnya spesies langka ini tak dapat di kembangbiakan karena belum ada penelitian bagaimana mengembangkan spesies ini.

Fenomena bunga udumbara yang paling terkenal terjadi pada tahun 1997 di Seoul, Korea Selatan. Bunga ini tumbuh di dahi patung Budha. Peristiwa ini seketika menjadi viral di dunia. Pasalnya itu merupakan pertama kali setelah 3.024 tahun Buddhisme muncul. Menurut kitab-kitab kuno, bunga tersebut muncul terakhir pada kelahiran Budha Gautama. Bunga udumbara ini berbentuk subur dan mirip jamur, mengeluarkan cahaya putih dan aroma harum. Jika sudah mekar bunga ini dapat mekar selama satu tahun.

Sumber:
Dilansir dari berbagai data dan berbagai sumber kalau mau tau atau penjelasan di atas kurang jelas, silahkan tanya di kolom komentar. Sekian sama-sama.
Zaa
Halo teman-teman!! Saya Laretza biasa dipanggil Eza. Gak suka baca apalagi nulis tapi cuma pengen damai aja ama keduanya. @laretza410
Informatif sekali 🥰 semangat terus menebarkan ilmu ilmu dan informasi informasi terbaru 🥳
Masyaa Allah
Keren
Menambah ilmu pengetahuan saya tentang tanaman.

Terima kasih, Kak
Ijin ralat, Zaaa. "Akan mendapatkan keberuntungan", bukan "mendaparkan akan keberuntungan" ✌️😬
Iya mbk, keyboard sebagian rusak🤣
Loading...